Pages

Senin, 24 September 2012

PKS (Patroli Keamanan Sekolah)



Berhubung saya sendiri pernah menjadi anggota PKS di SMAN 5 Palembang, dan pada saat itu saya merupakan Wakil Koordinator (yg pntg ada jabatan..hehe) pada periode 2008-2009 yang bisa dikatakan angkatan ke 13, karena banyak yg bilang kalau ang 13 itu sial.,' menurut saya tidak! walaupun kami beranggotakan cewek semua, tapi kami sering mendapatkan pujian dari sekolah (nggak bohong!) jadi itu sbg bukti kalau ang 13 itu nggak sial tergantung individunya.. sedikit cerita dari pengalaman saya di PKS 5. 

Sejarah PKS di Indonesia itu sendiri :

Didasari oleh rasa memiliki terhadap sekolah didalam menjaga ketertiban dan keamanannya, maka para pelajar mewujudkan hal tersebut kedalam suatu wadah organisasi guna mempermudah pengkoordinasiannya.
Untuk itulah maka pada tanggal 5 Mei 1975 dibentuklahsuatu wadah yang bernama Polisi Keamanan Sekolah.
Pada saat itu ruang lingkup tugas yang diemban Polisi Keamanan Sekolah masih sempit, yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh siswa tersebut.
Untuk memperluas ruang lingkup dari tugas Polisi keamanan sekolah, maka pada tanggal 5 Juni 1975 Polisi Keamanan Sekolah diganti namanya dengan Patroli Keamanan Sekolah dengan persetujuan dari Bapak Letkol. Anton Sudjarwo. Ruang lingkup dari Patroli kemanan Sekolah mengalami penyempitan dan perluasan.
Tugas dipersempit dibidang keamanan, dimana tugas yang diemban Patroli Keamanan Sekolah hanyalah sebagai pengawas atau pemantau dari tindakan-tindakan negative yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak guru. Sedangkan perluasannya yaitu pada bidang kelalulintasan, dimana seluruh anggota Patroli Keamanan Sekolah wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar